Jakarta, CNN Indonesia — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengaktifkan kembali jalur kereta di wilayah Banten Selatan.Jalur tersebut akan menghubungkan wilayah Jawa Barat (Jabar) ke sejumlah wilayah lain di Banten.

“Kereta api itu harus diakui sebenarnya zaman Belanda justru perencanaannya telah lebih maju. Sukabumi menuju Banten, kan jalur nya sudah ada, ada rel yang tidak diaktifkan,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenhub Sugihardjo saat ditemui di Kota Serang, Senin (4/12).

Selain mengaktifkan kembali jalur kereta api, pihaknya juga akan membahas kembali pembangunan bandara Banten Selatan. Keduanya dilakukan guna mendorong pariwisata di wilayah tersebut sehingga mampu berkontribusi pada penerimaan negara.

“Bahkan Pak Menpar sudah menargetkan 2019, pariwisata menjadi sumber penghasil devisa terbesar. Kalau orde baru kan masih migas,” terangnya.

Kementerian di bawah pimpinan Budi Karya Sumadi ini pun mendukung penuh pembangunan pelabuhan yang ada di Banten guna meningkatkan angkutan logistik, seperti Pelabuhan Warnasari dan Bojonegara.

“Untuk pergerakan orang jarak jauh itu dengan pesawat, karena Indonesia kepulauan. Namun untuk angkutan barang pasti dengan kapal,” jelasnya.

Di samping itu, pihaknya juga meminta PT ASDP Ferry Indonesia untuk segera mengeruk dan menambah panjang setiap dermaga Pelabuhan Merak agar bisa di masuki kapal berukuran lima ribu gross ton (GT) mulai tahun 2018 mendatang.

“Jadi tahun depan kapal-kapal kecil tidak boleh beroperasi disini (Merak-Bakauheni). Dermaganya sendiri kedalamannya harus ditamhan, terus panjang dermaganya juga harus dipanjangkan,” tambahnya. (yan)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171204210547-92-260122/kemenhub-bakal-aktifkan-kembali-jalur-kereta-banten-selatan/