Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bus listrik TransJakarta akan mulai diuji coba bulan depan. Anies berharap, setelah uji coba berhasil, akan diterapkan ke bus-bus lainnya.

“Bus listrik TransJakarta bulan depan akan mulai menggunakan uji coba dengan berbasis listrik. Ke depannya kita berharap nanti justru semua bisa berbasis listrik,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Sementara itu, Direktur Operasional TransJakarta Daud Joseph mengatakan ada empat bus yang akan diuji coba. Rute bus listrik itu adalah kawasan perkantoran di Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, Jalan Sudirman, dan Jalan MH Thamrin.

“Konsentrasinya biasanya ada di Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, Jalan Sudirman-Thamrin,” jelas Daud.

Daud mengatakan uji coba akan dilaksanakan hingga enam bulan ke depan. Namun, bila tidak mendapat hasil yang memuaskan, uji coba akan dilanjutkan hingga 12 bulan.

“Awalnya kita merencanakan uji coba itu 6 bulan, namun apabila selama 6 bulan belum bisa didapatkan hasil yang meyakinkan atau memuaskan, kita bisa perpanjang sampai 12 bulan,” terangnya.

Daud menuturkan ada tiga perusahaan yang mendaftar untuk uji coba bus listrik bagi TransJakarta. Saat ini perusahaan tersebut sedang mengurus administrasi perizinan layak jalan bus yang ditawarkan.

“Sekarang tahapnya adalah para pabrik untuk dapat melengkapi persyaratan-persyaratan yang diterapkan oleh negara kita,” ucapnya.

(fdu/gbr)

Sumber : https://news.detik.com/