pajak.go.id–Sesuai dengan salah satu kebijakan umum perpajakan di tahun 2017, yaitu meningkatkan efektifitas penyuluhan dan kehumasan, Kanwil DJP Jatim II melakukan uji coba pembuatan vlog pajak di media sosial sebagai salah satu alternatif pelaksanaan penyuluhan dan kehumasan di Kantor Kanwil Wilayah DJP Jatim II (Kamis, 2/11). Menurut Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jatim II, Nyoman Ayu Ningsih, tujuan dari pembuatan vlog ini adalah dalam rangka memperluas jangkauan penyuluhan dan pemberian informasi kepada masyarakat dan vlog tersebut diharapkan dapat diakses oleh seluruh masyarakat di wilayah Jawa Timur II yang tersebar di beberapa kecamatan dan kota.

Vlog yang dibuat oleh Tim Kreatif di wilayah Kanwil Jatim II diberi nama CiBer Pajak Jatim 2, dimana CiBer adalah singkatan dari kata Cerdas Info Bersama. Uji coba pembuatan vlog dilakukan Tim Kreatif setelah mendapatkan bimbingan teknis pembuatan videografi, fotografi, dan teknik menulis di Kampung Kidz beberapa bulan lalu.

Program penyuluhan melalui vlog pun telah disosialisasikan kepada Tim Penyuluh dan seluruh pegawai di Kanwil DJP Jatim II. Uji coba diawali dengan mengupload Vlog Kepala Kanwil DJP Jatim II, Neilmaldrin Noor, yang berbicara mengenai “untuk apa saja uang pajak 1 Trilyun”. Pengambilan gambar video tersebut dilakukan saat Kepala kanwil memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa Universitas Wiraraja Sumenep.

Dengan memaparkan peruntukan 1 Trilyun uang pajak tersebut, Kanwil DJP Jatim II mengharapkan mahasiswa dan masyarakat menjadi lebih mengerti betapa pentingnya uang pajak untuk pembangunan masyarakat. Vlog Ciber Pajak Jatim 2 dengan narasumber Kepala Kanwil DJP Jatim II ini hanya berdurasi kurang lebih 1,5 menit. Dengan memulai uji coba ini, selanjutnya akan dibuat vlog-vlog lain dengan tema lainnya dan narasumber lainnya baik internal maupun eksternal DJP.

Kanwil DJP Jatim II berharap semoga dengan jumlah vlog yang berjumlah banyak dan semua bicara pajak, Kanwil DJP Jatim II bisa memberikan alternatif akses informasi kepada masyarakat yang membutuhkan informasi tersebut. Dengan penyuluhan melalui medsos ini, jangkauan pun bertambah luas.

Sumber : http://www.pajak.go.id/content/news/pajak-jatim-ii-uji-coba-vlog-ciber