Jakarta, (http://s2.stiami.ac.id) – Dalam Rangka Peningkatan Kewaspadaan Risiko COVID-19 di Satuan Pendidikan Perguruan Tinggi Provinsi DKI Jakarta, Pascasarjana Institut Stiami pun turut melaksanakan kebijakan yang telah dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam Surat Edaran (SE) tentang Study From Home (SFH). Berikut ada beberapa situs Kuliah Online Gratis Dari Berbagai Kampus Elite di Dunia yang dapat menambah ilmu selama kegiatan SFH berlangsung dalam 2 minggu ini. 

  1. Alison

Alison merupakan salah satu pelopor situs belajar online gratis di dunia yang dibuat pada tahun 2007. Alison memiliki beberapa pengajar dari beragam institusi dunia, seperti Google, Microsoft dan universitas terkemuka di dunia. Di sini kamu bisa memilih lebih dari 750 materi pelajaranyang bisa kamu ikuti.

  1. Future Learn

Future Learn menawarkan ratusan kursus online mulai dari bidang bahasa, bisnis, sains teknologi, kesehatan hingga psikologi secara gratis. Di sini kamu bisa mendaftar untuk mengikuti kursus online dan bertemu dengan pelajar-pelajar serta beberapa pengajar terbaik dari seluruh penjuru dunia. Kamu akan mendapatkan materi perkuliahan berupa video, artikel, kuis, dan diskusi, bahkan kamu bisa belajar tentang dunia robotik di sini.

  1. IndonesiaX

Di IndonesiaX kamu bisa mendapatkan ilmu kuliah dari bidang broadcasting sampai manajemen. IndonesiaX memiliki kemitraan dengan beberapa kampus dan organisasi elit di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, ITB, Net TV, Rumah Perubahan Rhenald Kasali, Universitas Airlangga, dan lain-lain.

  1. edX

Situs edX merupakan penyedia kursus online besar yang terbuka yang didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012. Di sini ada lebih dari 1300 kursus yang bisa kamu ikuti dan pesertanya pun tidak terbatas.

  1. Coursera

Di Coursera ada 2226 jenis kursus yang bisa kamu ikuti dari segala bidang pelajaran yang disediakan oleh 150 lembaga pendidikan dan universitas terbaik yang bisa kamu pilih.

  1. MIT Open Course Ware

Di MIT Open Course Ware ada lebih dari 2400 jenis kursus dari kampus MIT yang bisa menambah ilmu pengetahuan kamu, seperti teknik bidang pembangunan, teknologi dan teknik lainnya. Selain itu, di sini juga menyediakan kuliah di bidang musik dan pendidikan.

  1. Open2Study

Open2Study merupakan sebuah organisasi pendidikan tinggi online yang berbasis di Australia, yang didirikan pada tahun 2013 dan dikelola oleh Open Universities Australia yang juga melibatkan University of Newcastle Australia, Flinders University dan beberapa kampus elit lainnya.

  1. OEDb

OEDb, atau Open Education Database, adalah sebuah situs berisi kelas-kelas online yang menawarkan berbagai topik kajian. Sesuai namanya, OEDb berisi database yang dikurasi dari berbagai macam sumber dan dikategorikan berdasarkan topiknya.

  1. LectureFox

Di Lecture Fox, kamu bisa membaca, mendengarkan dan melihat gambar-gambar yang berhubungan dengan mata kuliah dan universitas seperti MIT, UCLA, Houston Univ, Oxford Univ, dan lain sebangainya. Di situs ini, kamu juga bisa membaca referensi sebanyak-banyaknya materi kuliah dari universitas top dunia.

sumber : https://mamikos.com/info/situs-kuliah-online-gratis/