beritajakarta.id — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan cakupan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN–KIS) oleh BPJS Kesehatan bisa terealisasi tahun depan.

Wakil Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Khafifah Any mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar cakupan semesta bisa segera terealisasi dengan mendorong seluruh warga Jakarta menjadi peserta JKN-KIS.

“Kami targetkan awal tahun depan UHC bisa terealisasi. Saat ini baru 80 persen warga Jakarta yang terdaftar,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/11).

Ia menjelaskan, jika target ini bisa terealisasi, maka Jakarta akan mendahului nasional. Karena untuk tingkat nasional target pencapaian UHC yakni tahun 2019 mendatang.

“Mudah-mudahan kami bisa mendahului target nasional. Insya Allah di DKI 2018 bisa capai target,” ucapnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini dari total 10 juta jiwa warga DKI 80 persen di antaranya sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Diperkirakan hingga akhir tahun jumlah kepesertaannya bisa mencapai 95 persen.

Sumber : http://www.beritajakarta.id/read/51654/dinkes-terus-upayakan-seluruh-warga-dki-jadi-peserta-bpjs-kesehatan#.WgUdN1V97IU